jump to navigation

Efek Rumah Kaca, Lagu Orang Berintelegensi Tinggi Agustus 14, 2012

Posted by kamarnulis in Music.
trackback

Lirik dan Tema Lagu

Saya pikir judul itu tidak berlebihan untuk Efek Rumah Kaca dengan beberapa lagunya. Dari album efek rumah kaca dan kamar gelap. Lirik dan tema yang diangkat adalah hal yang kita temui sehari-hari, walaupun begitu kita harus berpikir untuk mencerna lirik dan tema lagu-lagu tersebut. Sebagai contoh saya sendiri pertama mendengarkan lagu berjudul diudara, saya masih berpikir “lagu ini maksudnya apa ya?” Saya sedikit-demi sedikit berpikir tentang maksud lirik dan tema lagu tersebut. Setelah saya telaah, lama-lama saya sedikit mengerti juga tentang maksud yang tertuang dalam lirik dan tema lagu tersebut yang tidak jauh dari aktivis HAM. Begitupun dengan lagu Mosi Tidak Percaya lagu ditujukan untuk pemerintah. Rakyat sudah bosan dan ingin perubahan. Rakyat punya kekuatan yang penuh terhadap pemerintah.

Masih dalam koridor Aman

Walaupun lagu-lagu ERK mengusung tema social, politik, humanism, lingkungan, dll saya melihat mereka masih main dalam koridor yang “aman” artinya mereka menuliskan lirik dan tema yang membutuhkan penafsiran cerdas dari pendengarnya. Lain dengan SLANK yang dengan fullgar menuliskan lirik dan tema tanpa membutuhkan penafsiran dari pendengarnya, contoh : kata “mafia selangkangan” yang membuat geram anggota DPR beberapa waktu yang lalu.

Saya pikir ERK pasti mempunyai pertimbangan mengapa mereka masih dalam koridor yang aman. Saya dan anda pasti menginginkan lagu-lagu ERK di album berikutnya lebih blak-blakan dan “pedas”. Bukan bermaksud mengompori, tetapi akan lebih bagus lagi apabila lagu-lagu ERK lebih “terbuka” dan “tajam” lagi. Mungkin pasar yang mereka buat sendiri bisa mengacu ke hal tersebut. Seperti yang ERK dengung-dengungkan sendiri bahwa pasar itu dapat dibuat. Inilah saat yang tepat dimana album baru akan dirilis.

Eksistensi ERK

Kalau bicara tentang eksistensi kita harus melihat dari berbagai sisi :

1. Fans ( Pendengar Setia)

Kalau saya melihat, pendengar setia dari ERK cukup banyak di Indonesia dengan tanggapan positif dari kalangan pengamat musik dan beberapa kalangan yang menganggap ERK punya music yang berekspektasi tinggi.

2.Karya

Hal ini menjadi nilai mutlak yang diperhatikan. Bagaimana pun eksistensi sebuah grup band berbanding lurus dengan Karya

3. Pasar

Kita tidak bisa memungkiri kalau eksistensi sebuah band tidak lepas dari pasar. Walaupun pasar bisa di buat sendiri, kita harus benar-benar yakin bahwa pasar memang terbuka untuk sebuah band, entah itu pasar yang bukan lagu cinta melulu

Dari tiga hal itu, saya yakin eksistensi ERK bisa terus ada dan lagu-lagu barunya pun selalu ditunggu oleh pendengar setianya.

Sukses selalu Efek Rumah Kaca…..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tuliskan Komentar Anda di sini :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: